Hari ini Kamis 20 Oktober 2016,  Universitas Balikpapan bekerjasama dengan Penerbit ANDI Yogyakarta menyelenggarakan Workshop dan Penulisan Buku Ber-ISBN. Kegiatan ini diprakasai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Balikpapan (LPPM-UNIBA) dalam membangun komunikasi dengan penerbit yang berkualitas dalam menjalin kerjasama Penerbitan (ISBN) dan pelaksanaan kegiatan workshop dan pelatihan penulisan buku ajar ber-ISBN bagi dosen tetap di lingkungan Universitas Balikpapan. Adapun acara Roadmap kegiatan Workshop dan Pelatihan Penulisan Buku Ajar Ber-ISBN ini dimulai jam 08.00, 

setelah sambutan dari Penerbit Andi (Bpk. Joko Mumpuni – Kepala Penerbitan Andi) dan di ikuti sambutan dari Bapak Rektor Universitas Balikpapan (Dr. Piatur Pangaribuan, A.Md., S.H., M.H.) yang menjelaskan pentingnya peningkatan kemampuan menulis buku bagi setiap dosen. 

Dalam kegiatan ini dihadiri oleh semua dosen tetap di lingkungan Universitas Balikpapan+  164 Dosen (Peserta) dan oleh Peneribt Andi akan diberikan Sertifikat bagi dosen yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Tujuan dari diselenggarakannya Workshop dan penulisan buku Ajar Ber-ISBN adalah:

  1. Diharapkan dapat menambah kemampuan dosen/peserta dalam penyusunan buku ajar menjadi buku yang berkualitas dan ber-ISBN.
  2. Bagi dosen dapat meningkatan nilai KUM (Satuan Kredit untuk Mengajar, Red) dalam kenaikan pangkat fungsional dosen dengan menjadikan buku ajar/modul menjadi buku ajar yang ber-ISBN. 
  3. Bagi Institusi, Buku ajar ber-ISBN yang dimiliki oleh dosen tetap di Universitas Balikpapan dapat menambah kredit poin dalam pengajuan Borang Akreditasi ke level yang lebih baik.
  4. Dengan adanya Workshop dan penulisan buku Ajar Ber-ISBN dapat meningkatkan kualitas dosen dalam menyusun buku ajar yang berkualitas untuk tingkat nasional dan internasional.