Mahasiswa Universitas Balikpapan Fakultas Vokasi D4 Keselamatan dan Kesehatan kerja semester 2 melakukan kunjungan ke PT. Total E & P Indonesie,  Senin, 15 Mei 2017.

Peserta yang berjumlah lebih dari 60 mahasiswa dipimpin oleh  Andi Surayya Mappangile, SKM.,M.kes  sebagai dosen pengampu Mata Kuliah Keselamatan dan Kesehatan Kerja , ,  diawal kunjungan Industry kerja yang dikemas dalam acara “ Sharing Pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Total E&P Indonesie”  berharap mahasiswa dapat menerima banyak informasi dan menganalisa bagaimana Upaya Pelayanan Kesehatan kerja di perusahaan tersebut. turut hadir dirombongan tersebut Ketua Program Studi D4K3 Iin Pratama , ST.,MT.

Diterima oleh Kepala Sustanable Development & Sociatal Relation Division Bpk  Wazirul Lutfhi  .

Acara dibuka dengan safety briefing sebagai bagian dari standar operasional prosedur , dilanjutkan dengan speech dari Pihak universitas Balikpapan yang menyampaikan ucapakan terima kasih atas kesedian perusahaan dalam menyambut kedatangan mahasiswa yang merupakan salah satu bentuk upaya membekali pengetahuan mahasiswa dengan melihat langsung, berdiskusi langsung dengan para praktisi sekaligus untuk menumbuhkan motivasi bagi mahasiswa untuk selalu giat dalam menuntu ilmu, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan tentang  HSE Management system implementation in TEPI oleh Bpk. Agus Hidayat Zainal Abidin ( HSE/MTH/EVS) ,  materi selanjutnya di sampaikan oleh dr. Rani Herespatiagni sebagai Head of Serv. Occupational Health and IH, yang memaparkan tentang program pelayanan kesehatan kerja mulai dr upaya promosi, preventif, kuratif dan rehabilitative. Selesai pemaparan dilanjutkan dengan diskusi, mahasiswa sangat antusias bebagai pertanyaan diajukan, selanjutnya peserta dibagi kedalam ke tiga kelompok untuk melakukan visit dengan didampingi oleh pihak TEPI  ke unit MCU, Higiene Industry , Hazardous Waste Transit Area dan Water Treatmen Plant disini mahasiswa langsung melihat peralatan beserta penjelasan tentang proses yang ada di unit tsb.

Keterbukan pihak TEPI dalam menyambut kehadiran mahasiswa  D4K3 juga membahas tentang  Program CSR TEPI. Kerjasama UNIv. Balikpapan dengan Pihak TEPI  tidak hanya berupa mahasiswa yang berkunjung ke TEPI namun ada juga program yakni EVSP ( employement Voluntary sharing program ) yaitu program mengajar bagi karyawan TEPI ke Kampus. Banyak sekali manfaat yang didapatkan oleh mahasiswa dalam mengikuti kegiatan ini, sehingga dapat memberikan wawasan baru dan motivasi baru dalam mengembangkan potensi khususnya bidang K3 untuk menghadapi dunia industri di masa yang akan datang. Harapan semoga acara seperti ini lebih sering dilaksanakan sebagaimana yang disampaikan oleh Olga salah saorang mahasiswa peserta kunjungan industry. Acara diakhiri dengan makan siang bareng